Opini

BELUM BERSIKAP, SUDAH TERBACA SURVEY


15 June 2017, 10:14
Dilihat   243

“Kaka, Poltracking melansir hasil survey Cagub dan Cawagub Sulsel di Jakarta. Bos RMS hanya mampu menempati posisi enam besar dari 27 Bacalon. Bagaimana tanggapannya?”.

Bunyi pesan singkat yang masuk dalam Whatsapp (WA) ku sore itu. Pada intinya mempertanyakan hasil survey yang menempatkan RMS pada urutan ke 6 dengan persentase 4,38. Perolehan ini dibawah Nurdin Abdullah, Ichsan Yasin Limpo, Nurdin Halid, Agus Arifin Numang, dan Asis Qahar.

Saya membaca dengan seksama pertanyaan itu, memahaminya, menelusuri data survey, dan berusaha menemukan jawaban yang tepat.

“Bagi Nasdem, itu capaian angka persentase yang sangat luar biasa.

Kenapa?

RMS selama ini berjalan keliling di 24 Kabupaten/Kota bukan untuk memperkenalkan diri sebagai Bacalon Gubernur ataupun Wakil Gubernur, tetapi tidak lebih dari upaya untuk penataan struktur Partai NasDem dan konsolidasi kader. Langkah yang dilakukan selama ini untuk tujuan membesarkan Partai NasDem di Sulsel.

Jadi, jangankan di posisi enam besar, terjaring survey saja sudah sangat baik, apalagi bisa mengalahkan sampai 21 Bacalon lainnya” Begitu aku memberi jawaban atas pertanyaan itu.

Sambil ku rapikan posisi dudukku, aku melanjutkan memberi jawaban.

“RMS tidak pernah menyatakan akan maju sebagai Calon Gubernur ataupun Wakil Gubernur. Bahkan ketika ditanya tentang kesiapan beliau untuk ikut berkompetisi di Pilgub, beliau hanya menjawab : Rezeki itu sudah di atur Tuhan, dan tidak ada rezeki yang tertukar.

Namun, tidak bisa disangkali bahwa banyak pihak yang mendorong RMS untuk ikut berkompetisi pada Pilgub 2018. Itu bisa dilihat dari banyaknya organ-organ yang muncul untuk mensosialisasi RMS, seperti : Relawan Muda Sulsel, Srikandi RMS, RMS Community, ditambah lagi di internal Partai NasDem mayoritas menginginkan beliau untuk maju”

Begitu jawabku melalui pesan WA. Sambil tetap menganalisa akankah dia mengajukan pertanyaan baru, atau memberikan pernyataan.

Sebelum dia memberi respon, aku tetap melanjutkan jawabanku.

“Itulah bedanya RMS dan Bacalon lainnya. Jika seandainya RMS menyatakan sikap soal Pilgub 2018, maka bisa mengubah peta pemilih di Sulsel. Pun juga, cara kerja kita akan berbeda antara ketika kerja untuk membesarkan partai dan untuk sosialisasi bacalon Pilgub” Jawabku.

Lantas, “Apakah RMS akan maju di Pilgub 2018?” Begitu pertanyaan kedua darinya.

“Perkara RMS maju atau tidak maju. Apakah maju sebagai 01 atau 02, hanya RMS dan Tuhan yang tahu itu. Kita menunggu saja saat yang tepat.

NasDem Sulsel mengapresiasi Poltracking yang telah melakukan survey dan memberitahukan kepada kita semua secara gratis. Apalagi ini bulan ramadhan, semoga dilipat gandakan pahalanya”

Jawabku mengakhiri pembicaraan via WA dengan dia.

Dalam dekapan subuh yang menyejukkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Selamat datang di situs resmi M Rajab. Situs yang berisi informasi seputar aktifitas dan tulisan M Rajab.

Copyright © 2017 Muhammad Rajab Official Site

To Top