Opini

AKHIRNYA… KARPET BIRU ITU UNTUK NH-AZIZ


15 October 2017, 22:09
Dilihat   311

Penulis : M. Rajab (Wakil Ketua DPW Nasdem Sulsel)

Surat Sakti berupa rekomendasi dukungan Partai Nasdem berada di tangan Nurdin Halid (NH). Secara implisit, dalam surat tersebut hanya menyebut nama NH, tapi sesungguhnya sudah menjadi satu kesatuan. Sebab pada akhirnya juga, NH akan menentukan pendamping dan saat ini pendamping NH di pilgub 2018 adalah Azis Qahhar Mudzakkar.

Jatuhnya rekomendasi ke tangan NH-Aziz membuat banyak kalangan kebingungan. Sebab, asumsi kuat terkait Nasdem Sulsel selama ini Nasdem mengusung RMS, atau Nasdem jatuh ke tangan keluarga SYL, atau Nasdem akan mendorong Bupati Bantaeng dua periode, NA. Ternyata, semua asumsi itu salah, pada akhirnya, Nasdem mengusung NH-Aziz di Pilgub Sulsel 2018.

Mengapa RMS tidak maju di Pilgub 2018?

Setiap orang yang menempuh jalur politik sebagai jenjang perjalanan hidupnya, maka meraih kedudukan politik yang menaik dari waktu ke waktu juga adalah impiannya.

RMS tidak pernah secara verbal menyatakan akan maju sebagai 01 ataupun sebagai 02 di pilgub. Dia, sebagaimana yang seringkali beliau sampaikan hanya ingin berkonsentrasi membesarkan Nasdem di Sulsel.

Munculnya diskursus RMS 01 atau 02 pilgub, tidak lebih karena dorongan simpatisan untuk ikut berkompetisi. Banyak kelompok simpatisan RMS yang muncul secara spontan, sebut misalnya, Relawan Muda Sulsel, Srikandi RMS, RMS Community dan lain-lain, ditambah lagi dukungan dari dalam partai Nasdem yang kuat pada RMS untuk ikut ambil bagian.

Seringkali RMS ditanya terkait, apakah maju sebagai 01 atau 02? Dia menjawab, “Rejeki itu tidak pernah tertukar. Sudah ada yang atur”. Malah, ada juga jawaban yang lebih jelas, “tidak untuk dua-duanya”.

Dan pada akhirnya, Nasdem memberikan rekomendasi dukungan pada NH-Aziz.

Mengapa Nasdem menjatuhkan pilihannya pada NH-Aziz?

Setiap putusan politik itu lahir dari bergaining.

Frame ini tentu juga berlaku bagi Partai Nasdem dalam berkomunikasi dengan kekuatan politik lainnya. Dalam setiap komunikasi selalu ada bergaining. Bagi RMS, membesarkan Nasdem adalah bergaining utama dalam melahirkan keputusan-keputusan politik bersama partai lain.

Bergainingnya ada yang skala nasional, ada pula yang berskala lokal. Terkait skala nasional, kita serahkan saja pada level struktur yang di atas, namun di level lokal tentu Nasdem juga akan mendapatkan “jatah” kebaikan dari Partai Golkar, walaupun bukan kader nasdem, tapi Nasdem sudah terlebih dahulu mencalonkan yang bersangkutan.

Di Palopo, Judas Amir yang merupakan kader nasdem dan telah mengantongi rekomendasi dukungan Partai Nasdem, selanjutnya akan diikuti juga oleh Partai Golkar memberikan rekomendasi dukungan padanya. Dan seperti juga di Sidrap dan Pinrang. Beberapa daerah belum diputuskan, sedang dalam pembicaraan. Dan diakui ada juga daerah yang sulit dipertemukan.

Faktor lain tentu saja terkait dengan ketokohan NH-Aziz. Keduanya mewakili dua kekuatan besar bangsa ini, nasionalis dan religius. Nasionalisme dan agama. Perpaduan yang bisa menjadi energi besar untuk membangun daerah. Bisa menghapus sekat-sekat primordialisme atas nama agama, suku, ras, mazhab dan golongan dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu, NH memiliki jaringan nasional yang cukup kuat untuk mengembangkan Sulsel. NH bisa menggunakan pengaruh politiknya di internal Golkar untuk membiayai kegiatan-kegiatan besar dalam membangun sulsel. Dan yang memiliki kekuatan nasional seperti ini di antara kandidat yang lain hanya NH. Dan NH akan melakukan ini jika diberi kesempatan memimpin Sulsel.

Dan saat ini Nakhoda Nasdem telah menentukan titik koordinat, tali jangkar sudah dinaikkan, semua penumpang harus ikut di jalan menuju titik koordinat itu. Sebab, jika ada yang keluar dari titik koordinatnya, maka, Nakhoda akan memberi pelajaran. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Selamat datang di situs resmi M Rajab. Situs yang berisi informasi seputar aktifitas dan tulisan M Rajab.

Copyright © 2017 Muhammad Rajab Official Site

To Top